Kaligrafi dengan Bahan Jarum Benang sambut Ramadhan

Jangan sampai Anda terlihat katrok. Pastikan pakaian Anda sudah fashionable. Busana yang Anda kenakan tak harus yang mahal, asalkan sesuai, begitu juga harganya.


Jika Anda penasaran, Anda dapat melihat berbagai desainnya sekarang. Anda dapat check Kaligrafi dengan Bahan Jarum Benang sambut Ramadhan di bawah ini. Desain yang ada tak kalah menarik dibandingkan yang sebelum-sebelumnya juga.

Di daerah Semampir terdapat pengrajin kaligrafi lokal. Memang bulan Ramadhan juga memberikan pintu rezeki bagi banyak orang, termasuk bagi pengrajin kaligrafi ini. Terutama bagi pengrajin kaligrafi yang hanya menggunakan alat-alat dan bahan sederhana saja, namun dapat menghasilkan sebuah karya seni yang unik. Bahan yang digunakan tidak lain hanyalah jarum pentol, benang, dan Bulak Rukem. Nantinya hasil kerajinan ini dapat dijadikan sebagai aksesoris hiasan dinding. Tentunya di bulan Ramadhan, kerajinan kaligrafi ini meningkat dengan tajam, pesanan semakin meningkat dibandingkan hari-hari biasanya dan ini memang trend tahunan juga. Peningkatan yang terjadi bahkan hampir 2x lipat jumlahnya. Mari baca selengkapnya.

Hiasan dinding kaligrafi Ramadhan


Lila Lestari salah satu pemilik dari kerajinan kaligrafi di Semampir ini menyebutkan apabila peminat kerajinan berupa hiasan dinding cantik ini akan meningkat setiap kali bulan Ramadhan tiba, juga menjelang hari Raya Lebaran. Lila Lestari menyebutkan apabila biasanya pesanan dalam sebulan sekitar 60 buah kerajinan kaligrafi, apabila bulan Ramadhan pesanan dapat meningkat hingga 120 buah kerajinan, bahkan bisa lebih juga. Tak hanya itu, bahkan Lila Lestari sempat menolak beberapa orderan karena pesanan terlalu banyak, takut tidak selesai mungkin.

Tidak mudah dan memiliki nilai seni


Walaupun sudah bekerjasama dengan 50 karyawan, tetapi memang dalam membuat kesenian kaligrafi ini tidaklah mudah. Hiasan kaligrafi yang menggunakan bahan jarum pentol dikombinasikan dengan bermacam-macam type benang harus dibuat dengan ketekunan dan ketelitian. Apabila rangkaian benang tak rapat dan tak rapi, nanti hasil akhirnya tidak akan bagus. Dalam membuat juga diperlukan kesabaran dan kehati-hatian. Apabila ada yang membuat dengan kurang telaten, maka benang dapat putus dan tentu saja itu harus diperbaiki. 


Usaha kerajinan kaligrafi untuk hiasan dinding ini sudah dimulai lumayan lama, yaitu sejak tahun 2008. Pertama semuanya hiasan, tetapi yang cukup mendapat respon positif dari masyarakat atau pelanggan adalah yang berupa kaligrafi, sehingga hingga tahun 2015 ini kerajinan yang dikelola oleh Lila Lestari berfokus pada kaligrafi. Untuk bentuk kaligrafi yang paling banyak peminatnya adalah yang berbentuk pohon. Umumnya yang diorder oleh pelanggan adalah yang sudah berisi ayat kursi atau Asmaul Husna. Pengrajin kaligrafi ini sendiri di Semampir termasuk salah satu UKM (Usaha Kegiatan Menengah) dari Pemkot Surabaya. Bentuk-bentuk kaligrafi yang dipesan juga ada yang lainnya, semua itu tergantung pesanan dari pelanggan juga, ingin yang seperti apa.

Harga kesenian kaligrafi

Pelanggan dari hiasan dinding dengan jenis kaligrafi ini berasal dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. Untuk harganya, sama dengan harga barang kesenian lainnya, yaitu Rp 350.000,00 hingga Rp 6.000.000,00. Harganya berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan dan lama pembuatannya juga. Sekian artikel tentang kaligrafi dengan bahan jarum benang sambut Ramadhan, salam fashion.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaligrafi dengan Bahan Jarum Benang sambut Ramadhan"

Posting Komentar